Home

Kamis, 04 Februari 2010

My story about the Marching Band

Sewaktu saya duduk di bangku SMA, saya mempunyai minat yang cukup besar terhadap musik, namun dulu saya belum pernah memikirkan untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, karena dulu saya berpikir bahwa jika saya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah karena yang saya pikirkan hanya dapat membuat saya lelah. Namun, sejak saya dipertemukan dengan teman saya dari SD, dia mengajak saya untuk mengikuti ekstrakulikuler Marching Band atau Drum Corps, padahal dulu saya tidak berminat sama sekali terhadap Marching Band, karena saya lebih menyukai band yang biasa tampil di panggung-panggung dengan memainkan alat musik Drum Set, Gitar dan Gitar Bass. Dan ketika saya telah bergabung dengan organisasi tersebut, lama-kelamaan timbullah rasa penasaran saya terhadap Marching Band, yang awalnya saya hanya iseng-iseng mengikuti kegiatan ini , namun pada akhirnya saya sangat mencintai Marching Band sampai sekarang, diibaratkan Marching Band adalah bagian dari jiwa saya. Ada beberapa hal yang sangat dibutuhkan dalam permainan Marching Band salah-satunya yaitu kekompakan, semua pemain Marching Band yang ada dalam satu unit dituntut untuk menjaga kekompakannya, karena sesuai dengan namanya yaitu Marching adalah Barisan dimana dalam suatu barisan itu dibutuhkan kekompakan, misalnya untuk menyatukan langkah dalam baris-berbaris, kemudian dalam memainkan lagu kita juga dituntut untuk menyamakan dan menggabungkan antara suara yang satu dengan suara yang lainnya, dan lain sebagainya. Maka dari itu ada di suatu unit yang mempunyai slogan "One Band, One Sound, One Soul".
Berikut ini adalah unit Marching Band yang pernah saya lakoni dan berjuang untuk memajukan unit tersebut, yaitu :
1. Drum Corps Gita Bahana Loka 
2. Marching Band Gita Surosowan Banten
3. Sadaluhung Padjadjaran de Corps
Dari ketiga unit diatas, banyak hal yang sudah saya dapatkan dari Marching Band, diantaranya rasa kekeluargaan, rasa saling menghargai, belajar mempercayai orang lain, dan lain sebagainya. Maka dari itu jangan pernah mengira bahwa Marching Band hanya bermain parade dan memainkan musik, karena di Marching Band juga kita dilatih untuk menjaga ego dan emosi kita dan juga menghargai orang lain.
Dalam Marching Band terdapat internal dan eksternal. Fungsi internal yaitu fungsi dari suatu unit Marching Band itu sendiri untuk membentuk sebuah kepribadian yang nyata bagi para pemainnya, yakni pelajaran untuk menghargai orang lain dan selalu menjaga kekompakan. Sedangkan fungsi eksternal adalah fungsi yang diperuntukkan kepada para penonton dan pendengar, artinya kita disini dituntut untuk dapat memberikan yang terbaik kepada mereka dengan penampilan yang sebaik-baiknya. Selain itu juga dalam permainan Marching Band kita diharapkan dapat menunjukkan keeksistensian sebuah unit dengan cara mengikuti perlombaan-perlombaan daerah, terlebih-lebih mengikuti kejuaraan Nasional yaitu GPMB (Grand Prix Marching Band). Jadi, banyak sekali hal yang harus kita lakukan di Marching Band agar sebuah unit itu dapat terus berkembang dan dipandang oleh unit lain dikarenakan keeksistensiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar